TUGAS ETIKA DAN PROFESI PENDIDIKAN

 

TUGAS MANAJEMEN PENDIDIKAN

LAPORAN SURVEY

Tentang

SARANA PRASARANA di MTsN PANGIAN

LINTAU BUO

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN

OLEH

SYAFRI SALMI

09 101 082

DOSEN

ASMENDRI S.Ag.M.Pd

PENDIDIKAN FISIKA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI STAIN

BATUSANGKAR

2010

Kata Pengantar

 

Alhamdulillahirobbil’alamiin

Puji syukur marilah sama kita haturkan kepada ilahi robbi yang senantiasa mengisi jiwa dengan keimanan walau terkadang kita sering mengingkari

Shalawat beserta salam buat sang baginda kekasih Allah Muhammad SAW yang telah menyelamatkan peradaban ini

Makalh ini penulis susun untuk memenuhi tugas profesi kependidikan sebagai tugas akhir dalam mata kuliah ini

Ucapan terima kasih untuk ayah dan bunda tercinta yang telah mendidik penulis hingga saat ini,selanjutnya untuk bapak asmendri sag. Mag yang telah mendidik penulis hingga makalah ini dapat penulis selesaikan, juga untuk bapak zamril spd yang telah mendidik penulis dan sebagai narasumber dalam survey yang penulis lakukan untuk menyusun makalh ini.terakhir terima kasih untuk teman-teman yang telah ikut menyumbangkan partisipasi untuk makalah ini

Tak ada gading yang tak retak, barang kali ini peribahasa yang dapat penulis paparkan. Jika terdapat kesahan dalam makalh ini penulis mohon maaf dan penulis berharap makalah yang tak seberapa ini dapat bermanfaat untuk pembaca

Akhir kata penulis ucapkan mohon maaf dan terima kasih

 

 

                                                                                   Batusangkar, 18 desember 2010

                                                                             SYAFRI SALMI

                                                                        09 101 082

 

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar……………………………………………………………………………….……….. i

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………. ii

Bab I Pendahuluan………..………………………..… ……………………… …………………….1

  1. Latarbelakang……………..………………………………………………………………… 1
  2. Tujuan…………………………………….……………………….…………………………… 1
  3. Metode pengumpulan data ……………………………………………………..….….. 1
  4. Pembatasan masalah……………………………………………………………………… 2
  5.  Landasan Teori………………………………………………………………………… 2

Bab II SARANA DAN PRASARANA di MTsN PANGIAN………………………….….. 5

Bab III PENUTUP………………………….……………….……..……………………………..… 8

  1. Kesimpulan……………………………………………………………………………….… 8
  2. Saran……………………….…………………………………………………………………. 8

 

DAFTAR PUSTAKA

 


BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.           Latar Belakang

Manajemen pendidikan adalah sebuah mata kuliah yang ada di STAIN Batusangkar, yang salah satunya diberikan atau diajarkan pada program studi Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Semester tiga di STAIN Batusangkar.

Jadi untuk memenuhi tuntutan dari materi yang telah disampaikan dalam mata kuliah manajemen pendidikan ini, dan untuk lebih memantabkan mengenai materi yang telah didapatkan tesebut, maka dosen pembimbing mata kuliah Manajemen pendidikan ini yaitu Bapak Asmendri S.Ag, M.pd Menyuruh kami untuk melakukan survey ke sekolah – sekolah, dikhususkan untuk skolah tingkat SLTP, MTsN, SLTA.

Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut penulis melakukan survey ke sekolah MTsN Pangian yang terltak di Kec.Lintau Buo Kab. Tanah Datar, yang survey nya di fokuskan pada Manajemen Sarana Prasarana yang ada disekolah tersebut.

  1. B.            Tujuan

Laporan ini penulis buat, untuk melaporkan dari hasil survey yang telah penulis laksanakan di MTsN Pangian Kec. Lintau Buo Kab. Tanah Datar,mengenai kadaan dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut,  kepada dosen pembimbing mata kuliah Manjemen Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Batusangkar.

  1. C.           Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan Informasi mengenai sarana dan prasarana yang ada di MTsN Pangian ini,penulis langsung melakukan survey ke lokasi MTsN Pangian yang terletak di nagari pangiaN Kec. Lintau Buo tersebut,dan langsung meneliti sarana dan prasarana yang ada disekolah tersebut.

Selain itu untuk mencari informasi yang valid, penulis juga melakukan dialog dengan beberapa orang gur senior yang ada di MTsN Pangiantersebut, kemudian juga dengan melakukan dialog dengan wakil kepala sekolah yaitu Bapak Mulyandri S.Ag

Untuk melengkapi bahan mengenai manajemen sarana dan prasarana yang penulis tuangkan dalam laporan ini, penulis juga mencari bahan dari berbagi situs internet, dan mengambil bahan yang berkaitan dengan manajemen Sarana dan prasarana, dan dimuatka dalam laporan yang penulis buat ini.

  1. D.           Pembatasan Masalah

Dalam laporan survey yang penulis tuangkan ini, penulis khusus mengemukakan pembahasan mengenai manajemen Sarana dan Prasarana, yang datanya diambilakan dari hasil survey langsung kelokasi yaitu survey ke MTsN Pangian, dan untuk melengkapi bahan penulis juga mencari materi yang ada kaitannya dengan manajemen sarana dan prasarana di brbagai situs internet.

  1. E.            Landasan Teori

Secara Etimologis (bahasa) prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan . misalnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga, uang dsb. Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan misalnya ; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dsb.

Dengan demikian dapat di tarik suatau kesimpulan bahwa Administrasi sarana dan prasarana pendidikan itu adalah semua komponen yang sacara langsung maupun tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri.

Mencari sekolah berkualitas bukan pekerjaan mudah. Kita tidak dapat mengambil kesimpulan hanya berdasarkan data parsial. Gedung megah tidaklah menjadi ukuran bahwa sekolah tersebut baik. Sebaliknya, sekolah pinggiran yang jauh dari pusat kota tidak dapat juga dikatakan sebagai sekolah yang kurang baik. Ada beberapa kriteria sekolah dikategorikan baik, yaitu sumber daya manusianya baik, sarana-prasarana memadai, dan alumni terbukti unggul

Ibarat sebuah kendaraan, kita akan mencapai ke tujuan dengan selamat, jika kendaraan yang digunakan juga baik. Kendaraan tidak harus baru, tetapi harus terawat. Demikian halnya sebuah sekolah. Tidak ada sekolah baik, tetapi sarana-prasarananya tidak memadai. Sarana dan prasarana adalah alat untuk mencapai tujuan. Meskipun sang sopir pandai dalam mengemudikan kendaraan, penumpang juga akan merasa was-was jika kendaraan yang digunakan rusak. Oleh karena itu, carilah sekolah yang mempunyai sarana dan prasarananya memadai.

Sarana sekolah merujuk pada bangunan sekolah, fasilitas pembelajaran/ laboratorium, dan lingkungan. Perhatikanlah ruang kelas yang mungkin akan ditempati putra-putri kita. Prasarana sekolah menunjuk pada kelengkapan sekolah, seperti kelas, fasilitas, ventilasi, dan laboratorium.

(www.gurumenulisbuku.blogspot.com).

Sarana sekolah merujuk pada bangunan sekolah, fasilitas pembelajaran/ laboratorium, dan lingkungan. Perhatikanlah ruang kelas yang mungkin akan ditempati putra-putri kita. Prasarana sekolah menunjuk pada kelengkapan sekolah, seperti kelas, fasilitas, ventilasi, dan laboratorium.

(www.gurumenulisbuku.blogspot.com).

Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendididkan terdiri dari 3 kelompok besar yaitu :

  1. Bangunan dan perabot sekolah
  2. Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan,alat-alat peraga dan laboratorium
  3. Media pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisual yang menggunakan alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.

Kepala sekolahlah yang bertanggung jawab atas pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang di perlukan di sebuah sekolah.

Sedangkan administrasi sarana dan prasarana itu sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran di sekolaah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sebuah sekolah baik tujuan secara khusus maupun tujuan secara umum.,

Adapun macam-macam sarana dan prasarana yang di perlukan di sekolah demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan proses pendidikan sekolah adalah :

  1. Ruang kelas : tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
  2. Ruang perpustakaan : tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dan dari sinilah siswa dapat menambah pengetahuan.
  3. Ruanglaboratorium(tempapraktek)tempatsiswa mengembangkanpengetahuan sikap dan keterampilan serta tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep pengetahuan
  4. Ruang keterampilan adalah tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
  5. Ruang kesenian : adalah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
  6. Fasilitas olahraga tempat berlangsungnya latihan-latihan olahraga.

Jadi administrasi sarana dan prasarana itu sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran di sekolaah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sebuah sekolah baik tujuan secara khusus maupun tujuan secara umum.

 

BAB II

SARANA DAN PRASARANA di MTsN

PANGIAN

Sarana dan prasarana sangat menentukan keberhasilan suatu sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.karena kelengkapan dari sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah itu akan bisa mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan di suatu sekolah tersebut

Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan di MTsN Pangian,yang terletak di Kenagarian pangian Kec. Lintau Buo, Kab. Tanah datar, yang pokok permasalahannya penulis khusus mensurvey mengenai sarana dana prasarana yang ada disekolah tersebut.

Dari hasil survey yang telah penulis laksanakan di MTsN Pangian,di sekolah ini terdapat beberapa sarana dan prasarana yang dapat menunjang kelangsungan proses belajar mengajar di MTsN ini,sebagai rinciannya disini penulis cantumkan rincian sarana dan prasarana yang terdapat di MTsN Pangian ini yang terletak di kenagarian Pangian, K.ec. Lintau Buo, Kab. Tanah Datar.

Rincian sarana dan prasarana yang terdapat di MTsN Pangian ini sebagai berikut :

 

NO Sarana dan Prasarana yang tersedia Jumlah
1 Ruang Kelas 8
2 Ruang Perpustakaan 1
3 Ruang Kepala Sekolah 1
4 Ruang Guru 1
5 Ruang TU 1
6 Kamar Mandi / WC guru 3
7 Kamar Mandi / WC Murid 2
8 Gudang 1

 

 

Kemudian sarana penunjang lainnya yang terdapat di MTsN Pangian ini demi kelangsungan proses belajar belajar, sekolah ini juga memiliki sarana penunjang kegiatan yang lainnya, di antaranya adalah :

NO Sarana Jumlah
1 Komputer 4
2 Printer 3
3 Mesin Ketik 2
4 Mesin Stensil 1
5 Meja Siswa 125
6 Kursi Siswa 218
7 Kursi Guru dan Meja guru   15

 

Dari semua data mengenai sarana dan prasarana yang tersedia di MTsN Pangan ini, menurut hasil survey dan wawancara yang penulis lakukan dengan  pihak sekolah, cara pengadaan sarana yang telah tersedia ini, itu cara pengadaannya ada dengan bantuan dari pemerintah, dan juga ada dari bantuan masyarakat setempat.

Kemudian dari hasil survey yang telah penulis laksanakan disekolah ini, disini masih ada terdapat kekurangan – kekurangan yang penulis temukan seperti, disekolah ini tidak ada ruangan UKS, yang seharusnya ada disekolah ini, sehingga dapat dipergunakan secara langsung bagi siswa untuk memberikan pertolongan pertama pada kesehatan siswa, dan juga disini siswa dapat belajar langsung mengenai ilmu tatacara menerapkan atau memberikan pertolongan pertama pada siswa yang sakit.

Kemudian juga disekolah ini belum penulis temukan sebuah sarana yang biasalah kita katakan sebagai sebuah tempat mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa disekolah, seperti ruang kesenian, lapangan volley, takraw, dan lain – lain.

Hal yang diatas belum penulis jumpai di MTsN Pangian, dan sebahagian telah ada tetapi belum terkelola dengan baik, seperti di sekolah tersebut terdapat lapangan volley, dan itu hanya sekedarnya saja, dan belum dikelola dengan baik

Jadi Menurut penulis, sebaiknya suatu sarana yang terdapat disuatu sekolah, yang hal tersebut bisa dikategorikan atau digolongkan kepada suatu sarana yang dapat mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh siswa,seharusnya memang dikelola dan diperhatikan dengan baik, karena hal itu merupakan suatu hal yang sangat penting bagi siswa dan juga sekolah.

Dan juga dari hasil survey yang telah pnulis lakukan di MTsN Pangian ini, disini juga belum penulis temukan adanya labor, untuk kelangsungan proses pembelajaran bagi siswa.

Menurut penulis labor ini seharusnya memang harus ada pada suatu instansi sekolah, baik labor bahasa,IPA, dan juga labor computer, karena itu semua sangat berguna bagi siswa untuk mengembangkan secara langsung potensi dan ilmu yang dimiliki oleh siswa tersebut.

Apalagi labor computer, itu penulis rasa hal yang sangat penting juga ada pada suatu sekolah, kenapa demikian, seiring dengan kemajuan tekhnologi dan era globalisasi, dan juga persaingan dan tantangan dunia kerja yang semakin ketat,labor yang dapat mengembangkan potensi dan dapat menctak kualitas siswa yang berilmu pengetahuan dan mengausai tekhnologi ini sangat berperan penting bagi siswan untuk menjawab tantangan dunia kerja yang semakin berat kedepannya.

Begitu juga dengan labor IPA, yang seharusnya juga harus ada disekolah tersebut,karena  labor IPA tersebut juga mmpunyai peranan yang sangat penting bagi siswa untuk memperaktekkan ilmu  yang telah dipelajari siswa dilokal dan dituangkan melalui kegiatan praktek secara langsung yang dilakukan oleh siswa tersebut.

Jadi beginilah gambarannya sarana dan prasarana yang telah penulis lakukan survey langsung ke MTsN Pangian, yang terletak di kenagarian pagian , Kec. Lintau Buo ini.

Memang,masih minimnya sarana yang tesedia disekolah ini,semua hal tersebut belum dapat diwujukan disekolah tersebut dikarenakan keterbatasan biaya untuk mewujudkan semua hal tersebut.

 

BAB III

PENUTUP

  1. 1.      Kesimpulan

 

Administrasi sarana dan prasarana adalah suatu usaha yang di arahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapan sarana yang ada.

Adapun yang menjadi tujuan dari administrasi saran dan prasarana adalah agar semua kegiatan administrasi sarana dan prasarana mendukung tercapainya tujuan pendidikan .

Jadi dari survey yang talah penulis lakukan tersebut, memang masih banyak kekurangan dari sarana dan prasarana yang tersedia di MTsN Pangian ini, kalaupun ada fasilitas tersebut, namun belum terkelola dengan baik.

  1. 2.      Saran

 

Sebagai seorang personal administrasi pendidikan berusahalah untuk belajar dan belajar lagi lebih giat dalam memahami dan mendalami administrasi sarana dan prasarana demi terwujudnya tujuan dari pendidikan nasional

Agar kita tidak ketinggalan maka kita harus aktif mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin lama semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman supaya tidak gaptek ( gagap tekhnologi).

Begitu juga dari sekolah seharusnya mari tetap berusaha, untuk memenuhi segala sarana yang bisa  menunjang kelangsungan proes belajar disekolah tersebut, yang insyaallah akan menunjang kebrhasilan siswa,untuk melahirkan siswa yang berkwalitas, berilmu, intlektual, dan siap bersaing dengan tuntutan zaman yang menghadang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s