SUMPAH PEMUDA

Oleh : Syafri Salmi

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Tanggal 28 Oktober, peringati sebagai hari sumpah pemuda, dimana pada dahulunya, para pemuda di seluruh wilayah Nusantara membentuk sebuah organisasi, yang beranggotakan pelajar atau pemuda pemudi yang ada diseluruh wilayah Nusantara.

Sumpah pemuda merupakan bukti Bangsa Indonesia dilahirkan yang membuktikan perjuangan rakyat Indonesia yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialisme, berdasarkan inilah para pemuda dan pemudi bangsa Indonesia berkomitmen untuk melepaskan penderitaan rakyat dari tekanan kaum kolonialis, Pemuda dan pemudi Indonesia bangkit dan menyatukan niat serta tekat, untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang madani.

            Perjuangan para pemuda dan pemudi Indonesia dalam upaya melahirkan sumpah pemuda, dilalui dengan berbagai tahap dan penuh dengan perjuangan, sebagai bukti bagi kita pada tanggal 30 April sampai tanggal 02 Mei 1926 para pemuda mengadakan rapat, yang kita kenal dengan Kongres Pemuda I, yang bertujuan untuk membentuk sebuah badan sentral dalam rangka menunjukkan faham persatuan dan kebangsaan serta menguatkan hubungan diantara organisasi – organisasi pemuda bangsa. Rapat ini dihadiri oleh wakil – wakil dari berbagai organisasi pemuda  yang ada di Tanah Air ini.

            Pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928, para pemuda dan pemudi Indonesia kembali mengadakan pertemuan bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng, yang dikenal dengan Kongres Pemuda II. Pertemuan ini  dihadiri  oleh wakil – wakil organisasi pemuda, tokoh – tokoh politik, anggota Volksraad, dan tokoh pendidik. Dalam kesempatan ini, Moehammad yamin menyampaikan bahwa yang bisa menguatkan persatuan dan kesatuan negara Indonesia ada lima faktor yaitu Bahasa, Pendidikan, adat, sejarah, dan kemauan ata semangat untuk mewujudkan yang terbaik.

            Dari perjuangan dan semangat yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi Indonesia ini, untuk mewujudkan kehidupan Bangsa yang madani dengan menggelar pertemuan – pertemuan seperti yang telah penulis gambarkan diatas, akhirnya berhasil lah diciptakannya perumusan dari sumpah pemuda itu sendiri yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Sumpah pemuda mempunyai arti yang sangat penting dalam perkembangan bangsa Indonesia, semangat persatuan yang dikumandangkan, berhasil mengatasi prasangka suku, golongan, dan budaya. Sumpah pemuda juga menjiwai perjuangan nasional dan kehidupan bangsa Indonesia pasca kemerdekaan

Pertanyaannya bagi kita sekarang, “Bagaimana dengan Kita pemuda Bangsa Indonesia saat ini ?? apakah Makna dari sumpah pemuda yang sering kita ikrarkan setiap peringatan hari Sumpah Penuda pada setiap tanggal 28 Oktober tersebut sudah menjiwai kita????? Jawaban nya tentu berada ditangan kita masing – masing.

Harapan kita tentu, kita ingin bangsa kita ini, bangsa yang damai, bersatu serta menjunjung tinggi nilai – nilai kesatuan republik indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s