SEJARAH PENEMUAN RADIO

Image

Oleh : Syafri Salmi

 

Seiring dengan perkembangan zaman, dan juga dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih, beragam upaya untuk memudahkan seseorang dalam melakukan aktifitas selalu dirancang, dan berlomba – lomba orang untuk mewujudkannya.

            Dalam media misalnya, untuk memperoleh informasi, dahulu orang hanya bisa memperoleh informasi melalui media masa berupa media cetak saja yaitu koran, akan tetapi sekarang media sudah semakin canggih, salah satunya telah adanya media elektronik yang bisa mengantarkan informasi kepada orang lain, sa;ah satu bentuknya adalah media radio.

            Tidak asing lagi ditelinga kita, kita pasti sudah mengetahui yang namanya radio, yang bisa kita nikmati siarannya dalam berbagai kesibukan yang kita lakukan. Akan tetapi tahu kah kita sejarah penemuanya radio ini ?

            Radio yag merupakan media masa elektronik yang telah berhasil beradaptasi dengan perubahan dunia yaitu dengan cara mengembangkan hubungan aling menguntungkan dengan media lainnya.

Radio siaran awalnya lahir di Amerika Serikat dan Inggris, yang merupakan sebuah alat komunikasi yang ditemukan setelah mesin cetak ditemukan.

Penemuan media Radio ini, diawali juga dengan penemuan beragam ilmu pengetahuan oleh para ahli, diantaranya adalah :

  1. Dane, dia menemukan suatu pesan ( Messege ) dalam jarak pendek dengan menggunakan alat sederhana berupa kawat yang beraliran listrik pada tahun 1802.
  2. James Maxwell, warga Inggris ya berhasil menemukan rumus – rumus yang diduga mewujudkan gelombang elektromagnetik ( gelombang yang digunakan Radio dan Televisi ), dari penemuan itu, dia dijuluki sebagai Scientific Father Of Wireless.
  3. Heinrice Hertz,  seorang tokoh yang berhasil membuktikan adanya gelombang elektromagnetis melalui eksprimennya pada tahun 1884 M.
  4. Dafit Sarnoff, dialah yang mula – mula memperkenalkan radio siaran ( Broadcasting ) pada tahun 1915 M
  5. Guiglelmo Marconi, yang berhasil menemukan metoda mekanisme siaran tanpa melalui radio telegraf.
  6. Lee De Forest, yang berhasil menyiarkan kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat yaitu Wilson dan Hughes kepada masyarakat umum melalui media Radio, sehingga dia diberi julukan sebagai pelopor radio siaran
  7. Frank Conrad, yang berhasil dalam exprimennya menyiarkan musik melalui media radio.

Berkat jasa – jasa dari para tokoh diatas, akhirnya pada tahun 1920 masyarakat Amerika Serikat telah dapat menikmati radio siaran secara teratur dengan berbagai program dan akhirnya meluas sampai keseluruh pelosok dunia, sehingga dikenal lah dengan istilah  Radio Siaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s