JANGAN JADIKAN UJIAN NASIONAL SEBAGAI BEBAN

Image  Mungkin kita semua telah tahu, apa itu ujian Nasional, Ujian Nasonal merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pemerintah dalam dunia pendidikan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa disetiap satuan instansi pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar ( SD ), SLTP ( Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ), sampai ke satuan pendidikan tingkat SLTA ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ). Yang waktu pelaksanaannya juga berbeda pada masing – masing satuan pendidikan.

            Pelaksanaan ujia nasional sudah diambang pintu, untuk tingkat SLTA / M.A / SLTP / MTs akan dilaksanakan pada bulan April, dan untuk tingkat SD / Sederajat akan dilaksanakan bulan Mei. Tentu kita semua berharap, perjuangan yang dilakukan oleh para siswa dan siswi ini akan membuahkan hasil yang memuaskan demi kemajuan dunia pendidikan di negeri ini, khususnya kita di Sumatera Barat. Tantangan yang akan dihadapi kedepan dalam pelaksaan Ujian Nasional semakin berat, seperti yang diberitakan singgalang edisi Selasa ( 26 /03 ) Kemarin, paket soal untuk pelaksaan Ujian Nasional tahun ini sebanyak siswa, kecil kemungkinan untuk meberikan jawaban atau membantu peserta Ujian lainnya dalam pelaksaan ujian. Hal ini  cukup bagus sekali penerapan karakter memang begitu, kita tidak hanya mementingkan prestasi akademik saja, akan tetapi yang lebih serius menjadi perhatian kita bersama adalah karakter keperibadian dari siswa kita itu  sendiri.

            Namun kadangkala kita lihat, banyak diantara para siswa dan siswi yang beranggapan bahwa ujian Nasional ini adalah suatu yang menjadi beban dalam pemikiran mereka, sebelum Ujian Nasional mereka laksanakan, yang terbayang dalam pemikirannya apakah kita akan lulus?

            Sebetulnya paradigma berfikir yang seperti ini lah yang mesti  dirobah, persoalan berhasil atau tidaknya tergantung kepada usaha kita. Kalau usaha kita maksimal, pasti hasilnya juga maksimal, karena Allah SWT tidak akan sia – sia terhadap apa yag dilakukan hambanya, baik kata Allah, hasilnya pasti akan baik. Jadi kita sebagai hambanya tinggal berusaha untuk mewujudkan yang terbaik tersebut. misalnya belajar dengan rajin, yang tidak dimngerti telah kita cari tahu kepada yang mengerti, dan ditambah dengan memohon bantuan kepada Allah, karena islam menganjurkan, bergantunglah kepada Allah, dari segala sesuatu yang kita inginkan.

            Memang kadangkala kita temui kenyataannya dilapangan, bahwa siswa yang biasanya tidak diragukan lagi kemampuannya, bisalah dikatakan sebagai siswa yang berprestasi disuatu sekolah, selama dia menerima pendidikan disekolah tersebut, tidak ada satupun yang diperolehnya itu hasil yang kurang memuaskan, kadangkala pas di Ujian Nasional tidak Lulus.

            Agar Ujian Nasional tidak menjadi beban bagi kita, maka ada beberapa trik yang perlu kita tanamkan dalam jiwa kita ;

1.      Hadapilah UN dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian ini merupakan suatu yang harus kita dihadapi dan kita dilalui. Maka mari kita hadapi dengan Sikap tenang,idak ceroboh, dan tergesa – gesa. Dan mari kita susun segala taktik dan rencana yang menyenangkan, sehingga kita fres dan enjoy dalam menempuh ujian Nasional ini.

2.       Siapkan mental dan fisik

Kesiapan mental tentu hal yang sangat diperlukan juga dalam menghadapi Ujuan Nasional, kenapa demikian dengan kesiapan mental yang mantap, maka disaat pelaksanaan Ujian kita akan tenang,  percaya diri, dan tidak takut atau stress.karena apa, suatu hal yang mebebani pemikiran dalam pelaksanaan Ujian Nasional ini, seperti rasa galau, cemas, dan takut tersebut itu akan  melemahkan kemampuan diri kita. Sehingga apa yang dilakukan akan menjadi beban yang berat dalam pemikiran kita.

3.      Tingkatkan motivasi belajar

Keberhasilan kita dalam menghadapi Ujian Nasional juga sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi yang ada pada diri kita. Kita akan memiliki dorongan belajar yang tinggi apabila kita juga memiliki motivasi yang kuat. Karena motivasi merupakan suatu proses yang sangat berpengaruh juga dalam menentukan keberhasilan dari suatu perbuatan yang akan kita lakukan dalam mencapai tujuan yang kita ingingkan.

4.      Siapkan kemahiran dan keterampilan

 Yang kita maksud dengan kemahiran disini adalah kita juga membekali diri kita dengan kemahiran dan kecakapan dalam menghadapi Ujian Nasional tersebut, misalnya keterampilan dalam mengisi LJUN ( Lembar Jawaban Ujian Nasional tersebut ) disamping penguasaan materi yang akan di ujikan tersebut. Karena hal – hal yang kecil – kecil ini harus kita cermati dan kita perhatikan dengan seksama, mungkin sebahagian orang mengabaikan hal – hal yang sepertinya sepele ini, tetapi ini mengakibatkan hal yang sangat fatal sekali jika kita tidak serius memperhatikannya, karena orang bilang, “ lobang kecillah yang sering menjatuhkan dibandingkan dari lobang yang besar” jadi mari kita biasakan, memperhatikan segala sesuatu, mulai dari yang sekecil – kecilnya itu perlu kita cermati dengan baik.

5.      Buatlah perencanaan yang matang

Menghadapi ujian Nasional merupakan suatu perjuangan yang kita lakukan dalam meniti jembatan dalam menempuh kesuksesan. Tentu hal yang penting ini memerlukan  perencanaan yang mantap. Karena sangat nihil sekali rasanya, suatu yang penting yang sangat kita dambakan dan kita inginkan tidak kita prsiapkan dengan perencanaan yang mantap pula. Mari kita ukur, kira – kira sudah sejauh mana kemampuan dalam penguasaan  materi yang akan di ujikan tersebut, dan kita juga sadar akan kekurangan yang kita miliki, maka dari kekurangan tersebut, kita jangan sungkan untuk mencari jawabannya, sehingga kekurangan kita tadi bisa teratasi, akhirnya kita sudah benar – benar siap dalam menghadapi ujian ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s