PEMIMPIN YANG DIHARAPKAN

Image     

Tidak berapa lama lagi dinegeri ini akan dilaksanakan acara baralek   gadang, yaitu  pelaksanaan pemilu di tahun 2014. Beragam partai politik sudah disibukkan dengan penerimaan calon yang bakal diusungkan di pemilu nanti.beragam nama sudah mulai bermunculan dengan semangat yang tinggi serta optimis siap untuk menghambakan diri mengemban amanah yang dipercayakan rakyat banyak.

            Belakangan ini juga dengan gencarnya media mengabarkan, beragam latar belakang dari bakal calon yang direkrut oleh berbagai partai politik berasal dari beragam kalangan, ada pemain lama yang sudah dikenal oleh orang banyak, dan ada juga pemain baru yang siap maju mewakili rakyat banyak, dan asyik  juga saat ini partai politik juga merekrut calon dari kalangan selebriti.

            Siapa saja yang akan lolos pertempuran ini tidak masalah, yang penting siap membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik, harapan rakyat terlaksanakan, ketentraman dan kesejahteraan dirasakan. Janji tidak hanya tinggal janji, akan tetapi janji butuh bukti dan di realisasikan.

            Berbicara mengenai sosok pemimpin yang sukses memimpin bangsanya, berkaca kita terhadap kepemimpinan Rasulullah SAW. Diceritakan bagaimana keingkaran kaum kafir quraisy pada waktu itu. Bahkan dengan spontan mereka menolak ajaran kebenaran yang disampaikan oleh Rasulullah SAW pada waktu itu. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Rasul dalam menyampaikan kebenaran ini. Dan akhirnya kebenaran tersebut berhasil juga disampaikan, ketentraman dan kesejahteraan pun dirasakan.

            Dalam menjalankan roda kepemimpinan memang banyak sekali tantangan yang mesti dihadapi, lika liku  perjalanan semak berduri yang di lalui, hal ini sudah biasa dalam sebuah roda kepemimpinan, yang penting bagaimana kita mensiasati dan mau menginstropeksi diri dari kejadian yag sudah pernah terjadi.

            Orang cerdas tidak akan mau jatuh ke lobang yang sama, orang cerdas dia akan lebih berhati – hati, hal yang pernah menimpa pemimpin yang sebelumnya tidak akan terulang kembali dimasa kepemimpinannya dimasa yang akan datang.

            Mancaliak ka nan rancak, Bacamin Ka na sudah, ( melihat ke yang bagus, berkaca kepada yang terdahulu ), kita lihat sifat – sifat yang ada pada diri Rasulullah SAW yang dikenal sebagai salah satu sosok pemimpin yang berhasil membawa kemajuan terhadap rangkyat, dan bangsa yang dipimpinnya. Sifat tersebut adalah :

  1. 1.      Rasul memiliki sifat Sidiq ( Benar )

Pemimpin yang diharapkan itu adalah pemimpin yang lurus, benar dalam perbuatan maupun perkataannya, tidak ada yang disembunyikan dari rakyatnya, pemimpin tersebut memiliki kesadaran dilandasi dengan keimanan yang ada di hati, bahwa dia yakin dan percaya bahwa saat ini sedang menjalankan kepercayaan rakyatnya.

  1. 2.      Rasul Memiliki sifat Amanah ( Dapat Dipercaya )

Kunci sukses seorang pemimpin adalah pemimpin yang mampu menjalankan kepercayaan yang diberikan oleh rakyatnya, yakin bahwa apa yang dipimpin saat ini akan dimintakan pertanggung jawabannya, baik di akhir kepemimpinannya maupun nanti dipengadilan Allah SWT. Jangan khianati kepercayaan yang telah diberikan oleh rakyat yang  kita pimpin.

  1. 3.      Rasul Memiliki sifat Fathonah ( Cerdas )

Untuk memimpin suatu roda kepemimpinan tentu dibutuhkan orang – orang yang cerdas, memiliki terobosan – terobosan baru terhadap roda kepemimpinan yang sedang dijalankannya, sehingga apa yang dipimpin itu mengalami kemajuan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. 4.      Rasul Memilki sifat Tabligh ( Menyampaikan )  

Ini yang sangat penting sekali bagi seorang pemimpin, menyampaikan apa yang wajib disampaikan kepada rakyatnya dengan penuh kejujuran tampa ada yang disembunyikan, ibarat kata anak muda sekarang Tiada Dusta Diantara Kita

Inilah yang diharapkan kepada pemimpin yang siap mengabdikan diri membantu, serta mewakili rakyat Nusantara ini, sehingga yang namanya kedamaian, ketentraman, dan Kesejahteraan memang dirasakan****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s