SIAP UN MAU KEMANA ?

Ujian Nasional sudah selesai dilaksanakan, walaupun dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini terdapat berbagai macam permasalahan, seperti diundurnya waktu pelaksanaan ujian nasional dibeberapa wilayah, kemudian juga keterlambatan pendistribusian soal kesekolah, dan juga kekurangan jumlah soal sehingga untuk mencukupinya, soal tersebut mesti difotokopi. Walaupun terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, namun alhamdulillah Ujian Nasional selesai juga dilaksanakan, baik untuk tingkat Sekolah Dasar ( SD ) sederajat, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ) sederajat, Maupun pelaksanaan di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) sederajat.

            Ujian Nasional memang sudah selesai dilaksanakan, beban dikepala yang biasa menghantui para pelajar sudah mulai beransur hilang, perasaan takut dan cemas sudah berubah menjadi legah. Namun ditengah – tengah kegirangan seperti ini, ada pertanyaan besar yang masih mengganjal, apakah hasil Ujian Nasional tersebut memuaskan ?, dalam artian apakah nama kita masuk kedalam nama – nama yang dinyatakan  Lulus dalam Ujian Nasional ?. Jikalau dinyatakan Lulus dalam Ujian Nasional, ada satu lagi kegalauan yang mengganjal dalam pemikiran pelajar, Setelah Ujian Nasional ini mau kemana ?. hal ini wajar ada pada diri seorang peserta didik, bayangkan aja, bagi Siswa Sekolah Dasar misalnya, Ujian Nasional merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilannya selama enam tahun di Sekolah tersebut. Bagi Siswa SMP, Ujian Nasional juga merupakan salah satu bentuk keberhasilannya selama tiga tahun disekolah tersebut, dan begitu juga dengan siswa SMA / Sederajat, Ujian Nasional juga merupakan bentuk perwujudan keberhasilannya selama tiga tahun disekolah tersebut. Namun hal ini yang perlu ditanamkan dalam diri pelajar tersebut adalah rasa optimis. Kalau memang kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menempuh ujian nasional yang telah kita laksanakan, sekarang kita tinggal berdo’a kepada Allah SWT, insya Allah kita juga akan mendapatkan hasil dari apa yang telah kita usahakan tersebut.

            Kita lihat saat ini, sebahagian sekolah sudah ada yang memulai membuka pendaftaran bagi calon peserta didik barunya, beragam fasilitas untuk menarik minat peserta didik baru untuk bergabung disekolah tersebut terus ditonjolkan. Yang penting bagi calon peserta didik untuk menentukan mau sekolah dimana setelah ini, tentu jawabannya pilihlah sekolah yang bagus dan berkualitas yang  bisa  mengantarkan kita untuk mengembangkan potensi diri yang kita miliki demi meraih kesuksesan yang diharapkan.

            Pada prinsipnya dimanapun kita sekolah, yang  sekolah tersebut belum tentu menjamin kesuksesan yang kita inginkan, akan tetapi faktor penting yang sangat menentukan kesuksesan kita adalah  diri individu kita masing – masing. Walaupun kita sekolah ditempat yang bagus, semua fasilitas mencukupi, akan tetapi keseriusan kita individu dalam menimbah ilmu disana yang tidak ada, maka kesuksesan itu tentu akan jauh dari kita. Akan tetapi sebaiknya para calon peserta didik baru yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, yang paling penting untuk diluruskan adalah niat untuk melanjutkan pendidikan disekolah yang baru tersebut. Tanamkan dalam jiwa bahwa saya sekolah ditempat yang baru ini, betul – betul untuk menginginkan kesuksesan yang diinginkan.

            Ada beberapa trik bagi para pelajar untuk meraih kesuksesan yang diinginkan, diantaranya adalah :

  1. Kita mesti mempunyai target dan tujuan yang jelas dalam memilih sekolah yang kita inginkan. Maksudnya Apa tujuan kita memilih suatu sekolah yang kita jadikan pilihan bagi kita untuk mendaftar. Sebetulnya dimanapun kita sekolah, kita mesti memiliki target dan tujuan yang jelas. Target kita untuk sekolah ditempat yang baru itu apa ? tentunya kalau ingin sukses targetnya itu tentu hal – hal yang baik pula, yang bisa mengantarkan kesuksesan tersebut.
  2. Percaya akan potensi yang ada pada diri sendiri, maksudnya adalah, semua manusia itu memiliki potensi, jangan takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru, diamanapun kita melanjutkan pendidikan, yang pertama itu yang perlu kita tanamkan adalah kesenangan untuk sekolah disana, sehingga kalau memang kita sudah memiliki kesenangan untuk melanjutkan pendidikan ditempat yang baru, maka proses menuntut ilmu ditempat yang baru tersebut juga kita lalui dengan penuh kesenangan tampa beban.

Ini beberapa trik bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan disekolah yang baru, yang penting berusaha, optimis, perbaiki niat, dimanapun kita melanjutkan pendidikan yang perlu itu adalah keseriusan kita dalam menuntut ilmu disekolah tersebut, demi mewujudkan cita – cita yang diharapkan.****

 

 


           

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s